Www.DannyPunyaCerita.blogspot.com

Selamat datang di blog saya!
Blog yang berisi tentang catatan catatan (yang mungkin nggak penting buat sebagian orang^^"), tentang mimpi, harapan, cita, cinta, dan semua yang mungkin dialami umat manusia, melalui kacamata seorang beruang yang bodoh ini..
Kritik yang membangun (dan masukan di rekening saya, jika memungkinkan), saya harapkan disini.
Jangan lupa leave comment, follow my blog atau bahkan promosiin blog saya! Hehehe! ^^v
Eniwei, makasiiih, buat kamu kamu, anda anda sekalian yang udah masuk dan baca baca blog nii,..
Tabee '... ^^v

Jumat, 20 November 2009

ANTARA HUJAN, BULE DAN JERITAN MOTORKU SAYANG - Bag. 02

Oke. Ni lanjutannya, nii..
Setelah aku memberanikan diri, melangkahlah kakiku dengan gemulai menuju ruang tamu, untuk menemui bule tersebut. Selama perjalanan terpikir juga, lumayan nii kalo ternyata tu bule masi muda, cwe, dan oke. Lumayan. Sekali2 naik status punya pacar cwe bule, pan bisa disombongin ma temen2 yang lain, begitu otak nggak beresku mikir, hehehe …
Dan semua harapan itupun musnah kandas, das! Setelah melihat wujud bule tersebut.
Bule tersebut bernama John, tinggi, gede, bau (eh, yang ini sih kemungkinan. Ga sempet nyiumin bau badannya si..dan nggak akan mau!), dan dengan ramahnya langsung menyapa aku dan mas Agung yang mengikuti dari belakang.
“Hello! How are you? Its nice to meet you!” Sapanya ramah, sembari menjawab jabat tanganku dan nggak lupa menyelipkan selembar dolar,..hehe, nggak ding ^0^ selembar kartu nama, maksudnya, ke tanganku.
“ee,.eeh..iiitss naaaiisss tuuu mitt yuuu..” jawabku tergagap2 laksana aziz gagap idolaku (Ooh..)
John kemudian menjelaskan identitas dirinya. Dengan wajah babak belur dan terborgol di bawah sinar lampu yang sangat terang itu, John mengaku bahwa ia adalah seorang fotografer lepas yang bekerja di sebuah kantor berita sejenis ANTARA, namun bertempat di seluruh Eropa. John lahir di Canada, namun besar di Paris. Ayah ibunya berasal dari Belanda dan prancis, nggak jelas deh yang mana londo yang mana prancisnya..Kami pun mendengarkan keterangannya sambil sesekali melayangkan bogem mentah kepadanya,..
emm, sebentar..kayaknya saya salah nyeting tulisan ma fakta nii..

Begitulah.

The bottom line is, si John pengen motret pekerja lagi menggenggam kretek kering di tangannya, dan sedang membuat rokok kretek secara tradisional.
Permintaan sederhana yang nggak mudah.
Kenapa? Karena John datang di waktu yang kurang tepat. Dia datang pada saat para pekerja kretek tradisional itu udah pada pulang semua. Jadinya, kita yang mlongo, nggak tau kudu ngapain.
Waduh. Sial. Kasian juga tu bule sampe pulang bertangan kosong. Gimana coba kesan dia ma kita sebagai bangsa yang penduduknya dikenal amat ramah ini?? (padahal si amat nggak ramah2 amat.. lhoo, amat lagii,…).Jadilah aku, mas Agung dan satu resepsionis yang cool abis bernama Mr. Yono. Sedikit tentang Mr.Yono, beliau ini udah berumur banget, tapi gaul abis! Bayangin aja, tadi sempet2nya telepon aku di kantor, cuma mau nginformasiin kalo di kantor pusat saat itu ada pelamar cwe yang tinggi dan cakep2! Hahaha! Ada2 ajaa! XD
Pada awalnya, aku coba minta bantuan sama kakak yang juga punya usaha rumahan kayak gitu, tapi nggak bisa. Mas Agung di sela2 pekerjaannya juga ngusahain sesuatu buat tu bule. Sementara kita pontang panting nyariin tempat, tu bule ditemenin ma Mr. Yono , berdialog “utara - selatan” (maksudna, ngobrol ngotot2an, tapi gak saling paham. Lha, satunya pake bhs inggris, satunya pake bahasa tarzan, khehehehe…)
Bener2, deh. Disaat kita lagi bingung2nya, akhirnya terbitlah satu nama, kenalan dari mas Agung! Segera aja, mas Agung kontak kenalannya tu, dan alhamdulillah, langsung Hamdan ACC! (Eh, tu mah Hamdan ATT, hehehe). Namanya pak Supardi, dan beliau punya usaha rumahan produksi rokok kretek.
Akhirnya, kita sampein info tersebut. Si bule yang tadinya agak2 kecewa nggak dibolehin motret di perusahaan, jadi berbinar2. Segera aja, doi mengiyakan waktu kita bilang mo anter dia ke pak Supardi. Akhirnya, satu masalah terselesaikan. Aku pun berfikir kalo aku bisa melewatkan sore itu dengan damai.
Ternyata aku salah,..

Persiapan udah oke. Si John bakal dianter salah satu staff Direksi. Yoga namanya. Dia semangat2 gitu disuruh nganter. Hoo,.oke lah, kalau begithu. Berarti, aku bisa tenang kembali ke mejaku, …dan meneruskan tidurku (ni anak, bukannya kerja! ^^”). Sewaktu dirikyu ngeloyor masuk, tiba2 langsung dihadang mas Agung. “Lhoo, mau kemana? Dianter to Mr. John-nyaa.”
Aku agak kaget, aku kira the problem was solved.
“Lah, nanti sapa yang ngajak ngobrol bule-nya? Dah sana!” Ujar mas Agung, setengah ngusir.

Jadilah aku berdua dengan Yoga, mengantarkan si bule ke rumah bapak Supardi.
Singkat cerita, kami sampai ke rumah beliau. Segera aja kami disambut dengan ramah oleh pak Supardi. Di dalem rumah, rupanya udah disiapin alat yang (kayaknya) baru pertama itu aku liat. Alat sederhana dari kayu untuk menggiling tembakau. Sambil komat kamit memuji suasana rumah di pedesaan dan membuka sepatunya, John duduk di teras rumah. Pak Pardi agak takut2 nanya kepada kami, “Pabrik nggak bolehin motret produksi?” Akupun menjawab dengan penuh diplomasi (baca= sok tau), “Oh, bukan begitu, pak. Produksi di pabrik udah tutup, makanya kami minta bantuan pak Pardi”
Pak Pardi pun nggangguk2 ala Eminem.
Segera John bertanya macam2 tentang alat giling tersebut. Dia bilang, dia agak kecewa, karena disangkanya dia akan melihat serombongan perempuan pekerja rokok kretek sedang bekerja, dan ternyata yang ditemuinya hanyalah pak Pardi yang senyum2 (mungkin) gak paham apa yang diomongin John. Asem tenan ni bule, pikirku saat ntu. Ni orang udah dibela2in dicariin tempat, dianter, eeh..malah ngomong gitu. Enteng pula..
Hampir aja batu kali 1 ton mampir di jidat lebar John, kalo dia nggak berwajah senang sambil langsung foto2 alat giling ma pak Pardi yang lagi bergaya “nglinting” rokok itu, sambil bilang berulang2, “Nice! Nice!”. Entah kenapa mendengar pujian John , aku malah teringat “film2 aksinya” Asia Carerra, hahaha!
Kemudian, John meminta pak Supardi untuk menunjukkan cengkeh kering, karena seumur idup, John gak tau kayak gimana yang namanya cengkeh itu. “Di Eropa, cengkeh dilarang untuk diimport. Itu mungkin langkah untuk melindungi produksi rokok mentol mereka semata. What a stupid rules..” Jelas John kepada kami. Hmm. Berarti, kalo cengkeh bisa masuk ke Eropa, kita mungkin bisa berjaya besar disana. Hehe, menyusupkan nikotin banyak2 ke orang2 Eropa itu, sementara orang Indonesia nyuplai mulutnya pake pizza banyak2 sebagai pengganti rokok. Iya, dong. Penjualan naik, pendapatan naik, tingkat daya beli masyarakatpun naik. Siapa tau, angkot di Indonesia suatu waktu pake Mercy S-Class, nggak perlu sumuk2 (baca= kegerahan) lagi,..Dan pastinya, gaji yang aku terima haruslah lebih gede berkali lipat dari ini, hehehe ^_^.
Pak Pardi pun agak bingung dan takut2 (ni si bapak hobi kali ya, takut2 gitu..). Setengah berbisik (dan setengahnya lagi berteriak ^^), pak Pardi bertanya kepada diriku (ceilahh) “Mas, Pabrik tidak apa2??” Akupun menjawab dengan penuh motivasi, “Oh, nggaaak apa2 pak! Si John ini cuma mau liat,. Seperti apa cengkeh itu. Soalnya di rumah dia nggak ada yang kayak begituan, pak!”
“Lho, emang rumahnya dimana??”
“Ohh, deket pak. Deket rumah Haji Maimun, sodara nyai Sao’dah!”
“Ooh,..”
Dasar si bapak. Kesel ditanya terus kayak gitu, aku jawab ngawur aja. Eh si bapak malah manggut2..
Kemudian, pak Supardi pun cepat berlalu (ala Naruto!) untuk mengambil contoh cengkeh. Sewaktu menunggu pak Pardi datang, John, yang saat itu sedang asyik ngobrol ma ayam di kandang depan rumah, bilang “Oh? Bisa memperlihatkan cengkeh?”
Aku jawab, “Bisa2,..Tunggu, okeh??!”
“Kalau begitu, bisa saya beli? Its ok, saya tetap bawa biarpun beratnya harus satu ton di airport” , sambil memperagakan si John membawa suatu bungkusan yang cukup besar.
Jujur aja, peragaan si John daripada memperlihatkan dia lagi mikul barang di airport, lebih mirip pertunjukkan “si manis pergi kepasar” (maafkan aku, jooohn! No offense, khi khi khiii…^^v)
Hahaha!
Akupun menjawab, kalau untuk itu, aku harus menanyakannya dulu kepada pak Pardi. Si John manggut2. “Apakah tidak bisa saya beli cengkih di toko2 biasa?”
Waduh. Meneketehee.. Tapi karena tidak ada pak Pardi disana, aku nanya ke Yoga yang emang seorang perokok berat (rokoknya lebih dari satu ton, kali ya? Kikikikikii..). Yoga pun menjelaskan, bahwa cengkeh tidak bias dibeli secara bebas di pasaran, karena rata2 cengkeh yang ada di pasaran udah di borong langsung ma perusahaan2 besar. Akupun dengan begonia nanya, “Hmm,..kalo gitu, sebenarnya cengkeh yang udah dipetik tu bias digunain untuk apa buat masyarakat, mas?” Dan dengan agak bingung, Yoga pun menjawab. “Ya, buat bikin rokok” Oh. Well. Ok. How smart i am..
Tak lama, pak Pardipun dating, menyelamatkan rasa malu tak tertahankan... Dengan agak tergopoh2, beliau memperlihatkan cengkeh yang ukurannya segenggam tangan orang dewasa itu kepada John. “Its that all?” Huh. Aku yakin , pak Pardi dah susah2 nyari ni cengkeh, malah nyolot ni orang. Minta ta’ rider kick, po!
Aku langsung aja nyela, “Makasih pak Pardi..”
Pak Pardi tersenyum manis, sampe banyak semut2 di sekitar mulutnya.
“Maaf pak. John ini pengen beli cengkeh bapak. Berapa harus bayarnya ya, pak?” , sambil aku kedip2 kasih isyarat ke Pak Pardi yang bunyinya, udeeeh! Minta 5 juta! Ntar 10-90 sama sayaaa! Sayang pak Pardi nggak paham kodeku, nggak tau paham ato males doi Cuma dapet 105 doang.. Maka, kuurungkan niatku tersebut XD.
“Nggak usah,..dibawa saja!” Ujar pak Pardi sangat ramah.
“Eh? Bener ni pak? Gratis?” Ujarku sambil menoleh ke arah John Yang lagi manggut2 senang. (Kayaknya kalo gratis, dia tau artinya deh.). Segera aja deh, John menerima cengkih itu dengan ngucapin “terima kasih” yang intonasi dan nadanya khas bule banget, hehehe … Setelah beberapa kali ambil gambar, John merasa sudah cukup. Ia kemudian menanyakan, apakah ia dapat melihat pohon cengkeh atau tidak. Alhamdulillah, ternyata Yoga menginformasikan bahwa tak jauh dari situ ada sebuah perkebunan cengkeh milik perusahaan. Dengan wajah berbinar, John mengiyakan saat aku dan Yoga menawarkan untuk mengantarnya ke perkebunan tersebut. Dan setelah bersalaman, cipika cipiki dengan pak Pardi, (hehe, yg terakhir tu, nggak terjadi, coy!^^) kami pun beranjak pergi dengan kereta kuda kencana pujaan hati.
Namun, ternyata perjalanan yang menarik baru saja dimulai…

2 komentar:

  1. HOHOHOHo........

    cerita na piiip.....

    hehehehe....

    bole kenal gag ma tu bulee??? hoohoo

    BalasHapus
  2. Hehehe,..ada websitenya kok,..silakan ja mampir..itu juga kalo kmu cew, karena konon beliau sedang mencari sitri lagi. Mwekekekekekee

    BalasHapus